Rangkuti, Zuraidah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311120 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311120 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311120 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109311120 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311120 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311120 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311120 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109311120 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311120 RIYAWAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311120 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
109311120 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109311120 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi Sifat-Sifat Cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat-Sifat Cahaya dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode pembelajaran Tutor Sebaya, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas V SDN 101768 Tembung Tahun Ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiaap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 65. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata adalah 51 dengan rincian diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 4 orang siswa (13,33%) dan yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 26 orang siswa (86,67%).Setelah pelaksanaan Siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,6 dengan rincian diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 15 orang siswa (50% ) dan yang belum tuntas mencapai ketuntasan sebanyak 15 orang (50%) . Selanjutnya pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata 80,33 dengan rincian tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 26 orang siswa ( 86,67%) dan yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 4 orang (13,33%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya kelas V SDN 101768 Tembung Tahun Ajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ran m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode; Tutor Sebaya; Cahaya; Sifat Cahaya; Pembiasan; Pantulan Cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7535 |