Torong, Agus Salim Mamana S. (2014) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL PENGASUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN USIA REMAJA DI PANTI ASUHAN MAMIYAI AL-ITTIHADIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
109371003 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
109371003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
109371003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109371003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109371003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109371003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109371003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109371003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109371003 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
109371003 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109371003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1)Rendahnya motivasi belajar, (2)Kurang tercukupinya sarana dan kebutuhan belajar, (3)Tidak terselenggaranya program PLS, (4)Terjadinya beberapa perilaku menyimpang pada anak usia remaja di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Seberapa tinggi dukungan sosial yang diberikan pengasuh kepada anak panti asuhan usia remaja di panti asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. (2)Seberapa tinggi motivasi belajar yang dimiliki anak panti asuhan usia remaja di panti asuhan, dan (3)seberapa besar pengaruh yang diberikan dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak panti asuhan usia remaja di panti asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan.Dasar penelitian ini menggunakan teori dukungan sosial (Sheridan & Radmacher 1992) dan teori pengklasifikasian dukungan sosial (Cohen Syme 1985). Kemudian menggunakan teori motivasi belajar (Sardiman 1996). Jenis penelitian ini yaitu penelitian Assosiatif dalam bentuk kausal (sebab akibat) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden 40 orang. Alat pengumpulan data dengan menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Sederhana.Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresinya Y = 39,88+0,41X. Kemudian diketahui dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,858 >1,684. Kontribusi pengaruh dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak panti asuhan usia remaja di panti asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan adalah sebesar = 12,11%, artinya motivasi belajar yang dimiliki anak panti asuhan usia remaja (variabel Y) sebesar 12,11% dipengaruhi oleh dukungan sosial pengasuh (variabel X), sedangkan sisanya 88,89% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari analisis penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.9 Tor p |
Keywords: | Motivasi; Dukungan; Lingkungan Sosial; Kondisi Kesehatan; Panti Asuhan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7528 |