Sirait, Nurteti (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN METODE STUDENT FACAILITATOR AND AXPLAINING KELAS IV SDN 016404 KEC.BP MANDOGE T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111008 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
209111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
209111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
209111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
209111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
209111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
209111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
209111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
209111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatakan Hasil berlajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi pokok Sumber Daya alam Kelas IV SDNegeri 016406 Kec,Bp Mandoge T.A 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa Kelas IV sebanyak 30 Orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dilakukan pada awal tindakan, siklus I dan siklus II Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada siklus I dari 30 orang siswa sebanyak 17 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 56,67 % . sebanyak 13 orang siswa yang tuntas dengan persentase 43,33% dan nilai rata-rata 62,67, karena pada siklus I belum tuntas maka dilanjutkan pada siklus II. Pada sisklus II dari 30 siswa sebanyak 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13,33%, dan sebanyak 26 siswa yang tuntas dengan persentase 86,67% dengan nilai rata-rata 75,53. Temuan penelitian ini menyimpulkan penggunaan metode pemebelajarn model pembelajarn kooperatif Stundent Facilitator and Explaining dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Pada mata pelajaran Sains materi Sumber daya alam di kelas IV SDN 016404 Kec Bp Mandoge T.A 2012/2013. Disarankan kepada guru agar mendorong siswa tentang materipelajaran yang diajarkn sehingga dapat diketahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir u |
Keywords: | Hasil Belajar; Cara Mengukur; Metode Student Facilitator And Explaining; Sains; Sumber Daya Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7524 |