Sidabutar, Mela Evi Widia (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 094175 KEC.TANAH JAWA T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311058 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
109311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
109311058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
109311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109311058 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
109311058 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
109311058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi jasa dan peran para tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan karena disebabkan guru yang kurang memberi motivasi atau dukungan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi jasa dan peran para tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V SD Negeri 094175 Kec. Tanah Jawa.Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi sebagai salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam metode pembelajaran Demonstrasi peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan bersosialisasi sehingga pembelajaran tidak membosankan, dapat melatih rasa percaya diri siswa, melatih daya ingat siswa, serta lebih efektif dan lebih cepat dimengerti.Jenis Penelitian ini penelitian PTK dengan tindakan metode demonstrasi, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket yang diberikan kepada siswa 2 kali yaitu siklus I dan siklus II, Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Berdasarkan analisis data, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa Siklus I pertemua I sebesar 49,53%,Siklus I pertemuan II sebesar 70,33%, Siklus II pertemuan I sebesar 75,23%, Siklus II pertemuan II sebesar 87,23%. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial materi jasa dan peran para tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan kelas V SD Negeri 094175 Kec,Tanah Jawa T.A. 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.890 4 Sid m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Macam-macam Motivasi; Cara Mengukur Motivasi; Metode Demonstrasi; IPS di SD; Proklamasi Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7520 |