Lestari, Dewi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN EVERYONE IS A TEACHER HERE MODEL DI KELAS IV SD AL WASHLIYAH 11 AMPLAS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111012 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
109111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
109111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
109111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
109111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
109111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPA yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dan tidak aktif di kelas. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggumpulkan data hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya di kelas IV B SD Al washliyah 11 Amplas T.A. 2012/2013 dengan menggunakan everyone is a teacher here model.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD Al washliyah 11 Amplas T.A. 2012/2013 sebanyak 1 kelas, dengan 36 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pelakasanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklus dengan melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat keberhasilan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 3 orang siswa (8,3%) dengan nilai rata-rata 52. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 27 orang siswa (75%) dengan nilai rata-rata 69. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 35 orang siswa (97,2%) dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa everyone is a teacher here model dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunaannya kelas IV B SD Al washliyah 11 Amplas T.A. 2012/2013. Saran dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran guru hendaknya tidak monoton dengan metode konvensional saja, tetapi bisa dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yakni dengan everyone is a teacher here model, sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Les u |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Everyone Is a Teacher Here Model; Pembelajaran IPA; Energi dan Penggunaannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7515 |