PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI KOTA SIDIKALANG T.A 2012/2013

Samosir, Elisabet Christina (2013) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI KOTA SIDIKALANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109113015 COVER.pdf]
Preview
Text
109113015 COVER.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109113015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109113015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109113015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109113015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 BAB I.pdf]
Preview
Text
109113015 BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 BAB V.pdf]
Preview
Text
109113015 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 109113015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109113015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Penggunaan Permainan puzzle Terhadap Kemampuan kognitif anak usia 5-6 Tahun TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Permainan puzzle Terhadap Kemampuan kognitif anak TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttes control grup design. Dimana dalam menenetukan sampel penelitian ini penulis menggunakan probability sampling. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 34 anak yang terbagi atas 17 anak kelas kontrol dan 17 anak kelas eksperiman Tahun pelajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai terendah, nilai tertinggi, nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelas eksperimen lebih baik dibanding siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung = 9,978 ; nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=(n1+n2)-2=32; =0,05). Harga ttabel dengan nilai N = 32 diperoleh 2,120. Sehingga diperoleh t-hitung > t-tabel (9,978>2,120), dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada pengaruh penerapan permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013.Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan penerapan permainan edukasi puzzle mampu memberikan peningkatan kemampuan kognitif anak anak yang lebih baik daripada pembelajaran tanpa penerapan permainan edukasi puzzle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.207 1 Sam p
Keywords: Kognitif; Permainan Edukatif; Kemampuan; Permainan Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item
View Item