Samosir, Elisabet Christina (2013) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI KOTA SIDIKALANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113015 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109113015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
109113015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
109113015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109113015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
109113015 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
109113015 BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
109113015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Penggunaan Permainan puzzle Terhadap Kemampuan kognitif anak usia 5-6 Tahun TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Permainan puzzle Terhadap Kemampuan kognitif anak TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttes control grup design. Dimana dalam menenetukan sampel penelitian ini penulis menggunakan probability sampling. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 34 anak yang terbagi atas 17 anak kelas kontrol dan 17 anak kelas eksperiman Tahun pelajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai terendah, nilai tertinggi, nilai rata-rata yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelas eksperimen lebih baik dibanding siswa kelas kontrol. Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung = 9,978 ; nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=(n1+n2)-2=32; =0,05). Harga ttabel dengan nilai N = 32 diperoleh 2,120. Sehingga diperoleh t-hitung > t-tabel (9,978>2,120), dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada pengaruh penerapan permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun TK Kemala Bhayangkari Kota Sidikalang Tahun Ajaran 2012/2013.Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan penerapan permainan edukasi puzzle mampu memberikan peningkatan kemampuan kognitif anak anak yang lebih baik daripada pembelajaran tanpa penerapan permainan edukasi puzzle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.207 1 Sam p |
Keywords: | Kognitif; Permainan Edukatif; Kemampuan; Permainan Puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7513 |