Susantiy, Diana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI TK NEGERI 1 KUTAPANJANG KAB. GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098003 COVER.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
109098003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
109098003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109098003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109098003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109098003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098003 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109098003 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
109098003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) guru kurang memberikan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak, (2) anak belum memiliki kebebasan dalam mewarnai saat berada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai di TK Negeri 1 Kutapanjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah kegiatan mewarnai untuk meningkatkan kreativitas anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Tekhnik analisis data yaitu data hasil observasi kreativitas anak selama pelaksanaan tindakan. Hasil observasi tindakan pada siklus I setelah melakukan kegiatan mewarnai pada tema alam semesta. Dari hasil penelitian terdapat sebanyak 3 orang anak (9,4%) tergolong sangat kreatif, 6 orang anak (18,7%) tergolong kreatif, 15 orang anak (46,9%) tergolong cukup kreatif dan 8 orang anak (25%) tergolong kurang kreatif. Hal ini berarti kegiatan mewarnai yang dilakukan pada siklus I kurang berhasil, karena masih terdapat 25% anak yang kurang kreatif, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II dilakukan pembelajaran dengan tetap melakukan kegiatan mewarnai, pada siklus II ini guru menjelaskan macam-macam gejala alam. Setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengembangan kreativitas anak dibandingkan pada siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat kreatif meningkat menjadi 12 orang anak (37,5%), sedangkan anak yang tergolong kreatif meningkat menjadi 10 orang anak (31,2%), sedangkan anak yang tergolong cukup kreatif menurun atau berkurang menjadi 5 orang anak (15,6%) dan anak yang tergolong kurang kreatif menurun atau berkurang menjadi sebanyak 5 orang anak (15,6%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mewarnai dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B Di TK Negeri 1 Kutapanjang Kab. Gayo Lues T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.207 1 Sus u |
Keywords: | Kreativitas; Mewarnai; Anak Usia Dini; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7512 |