Mahnifra (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI PAUD DAHARNAS LESTARI TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313011 COVER.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
1103313011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103313011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103313011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1103313011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1103313011 BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
1103313011 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103313011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) anak belum mampu menemukan bermacam-macam alternalif pemecahan masalah, 2) anak belum mampu mengembangkan kemampuan logika matematika, 3) kurangnya kemampuan dalam menggunakan media yang sesuai dengan kemampuan kognitif anak, 4) kurangnya rangsangan dan pelatihan dari guru dalam media balok dalam meningkakan kemampuan kognitif anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok di PAUD Daharnas Lestari Tahun Ajaran 2012-2013. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah kelompok B. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 14 orang anak perempuan dan 16 orang anak laki-laki. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Temuan hasil siklus I menunjukkan bahwa perolehan nilai anak yang tergolong kurang 3,33%, yang tergolong cukup adalah 20%, yang tergolong baik adalah 66,7%, yang tergolong baik sekali adalah 10%. Dengan demikian kemampuan kognitif anak pertemuan I siklus I berada pada tingkat kategori baik sebesar 66,7%. Belum maksimalnya pada saat dilakukan siklus I dengan menggunakan kotak-kota anak kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, pada siklus II dilakukan dengan menggunakan balok maka diperoleh data hasil siklus II menunjukkan bahwa perolehan nilai anak yang tergolong kurang tidak ada, yang tergolong cukup tidak ada, yang tergolong baik adalah 3,33%, yang tergolong baik sekali adalah 96,7%. Dengan demikian kemampuan kognitif anak pertemuan I siklus I berada pada tingkat kategori baik sekali sebesar 96,7% dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak pada siklus II berada pada tingkat baik. Dengan demikian berdasarkan penelitian tindakan dan observasi yang telah dilakukan terbukti bahwa melalui permainan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak PAUD Daharnas Lestari Tahun Ajaran 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.217 1 Mah u |
Keywords: | Kemampuan Kognitif; Bermain; Permainan Bola; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7510 |