Siagian, Osyn Inamala (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DI KELAS IV SD NEGERI 060809 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071211920019 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071211920019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071211920019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071211920019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071211920019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071211920019 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
071211920019 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
071211920019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dan proses pembejaran matematika yang dilakukan guru di dalam kelas masih berpusat pada guru dengan cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB dengan menggunakan metode latihan di Kelas IV SD Negeri 060809 Medan T.A. 2012/2013.Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 060809 Medan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan essai sebanyak 10 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata hasil belajar matematika sebesar 23,9 dan tidak seorangpun (0%) siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar. Pada siklus I, hasil belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 62,4 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar hanya 22 siswa atau 73,3% sehingga secara klasikal para siswa masih dinyatakan belum mencapai ketuntasan dalam belajar karena masih kurang dari 85%, dan masih perlu dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, dari hasil postes diperoleh rata-rata hasil belajar matematika siswa kembali meningkat menjadi sebesar 78,8 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 27 orang atau 90% sehingga secara klasikal para siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar.Dengan demikian berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB di Kelas IV SD Negeri 060809 Medan T.A. 2012/2013. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru agar dapat menggunakan dan mengembangkan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Sia m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; SD; Metode Latihan; Karakteristik KPK; FPB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7509 |