Liliyani (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351018 COVER.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
109351018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (930kB) | Preview
109351018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
109351018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
109351018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
109351018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109351018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109351018 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
109351018 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
109351018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan T.A 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli Sampai bulan Agustus 2013. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jalan Irian Barat no. 5 desa sampali. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VIII1 yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Angket uji coba kemandirian belajar sebanyak 30 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII² SMP yang berjumlah 30 orang siswa. Angket kemandirian belajar yang valid sebanyak 25 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Dengan menggunakan rumus persentase. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, lalu dilakukan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 10 orang siswa mengalami kemandirian belajar yang sedang . Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar dengan kriteria tinggi dengan kriteria 40%, namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan pada hubungan kekeluargaan. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan kemandirian belajar dengan kriteria sangat tinggi dengan kriteria 80%. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan telah mengalami peningkatan.. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahunajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Lil u |
Keywords: | Belajar; Kemandirian; Proses Kemandirian Belajar; Karakteristik; Bahan Belajar Mandiri; Bimbingan Kelompok; Diskusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7506 |