Sella, Sofia (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311070 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
1104311070 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1104311070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
1104311070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1104311070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1104311070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1104311070 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1104311070 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
1104311070 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
1104311070 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Menggunakan metode Creative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok masalah-masalah sosial di lingkungan setempat Kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru TA 2013/2014?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode Creative Learning materi pokok masalah-masalah sosial di lingkungan setempat Kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru TA 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan materi yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada saat pre test dari 32 orang siswa mendapatkan nilai tuntas 4 orang siswa 15% dan sebanyak 28 orang siswa 85% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 51,56. Pada siklus I dari 32 orang mendapatkan nilai tuntas 18 orang siswa 56,25% dan sebanyak 14 orang siswa 43,75% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 66,56. Pada siklus II mendapatkan nilai tuntas 30 orang siswa 93,75% dan sebanyak 2 orang siswa 6,25% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 86,56. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode creative learning dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru TA 2013/2014. Oleh karenanya disarankan kepada guru agar menerapkan metode pembelajaran Creative Learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok masalah-masalah sosial di lingkungan setempat .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Sel m |
Keywords: | Hasil Belajar; Guru; Metode Creative Learning; Siswa; Kelebihan dan Kekurangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7488 |