Budiono, Eza (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN MATEMATIKADI KELAS V SD NEGERI 132410 TANJUNGBALAI TA. 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102111002 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
1102111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
1102111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1102111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
1102111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
1102111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1102111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1102111002 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
1102111002 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1102111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
1102111002 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 132410 Tanjungbalai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat – sifat bangun datar pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 132410 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 29 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2013/2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematika berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 6 siswa (21%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 49,7. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative script diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 16 orang siswa (55%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 64,1. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative script diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 28 orang siswa (97%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84,3. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 132410 Tanjungbalai pada pelajaran matematika dalam materi sifat – sifat bangun datar. Disarankan kepada guru untuk menggunakan strategi pembelajaran cooperative script dalam menyampaikan materi pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Bud p |
Keywords: | Hasil Belajar; Materi Pokok Pembelajaran; Strategi Pembelajaran; Bangun Datar; Hakikat Matematika; Cooperative Script |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7482 |