Sihotang, Lamhot Noris (2014) PENERAPANMETODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811005 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
109811005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109811005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109811005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109811005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
109811005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109811005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109811005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
109811005 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
109811005 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
109811005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam kehidupan ini yang memegang peranan yang sangat penting. Pada akhir-akhir ini, pendidikan khususnya matematika telah menjadi perhatian bagi berbagai kalangan pendidikan. Salah satu penyebab pendidikan matematika menjadi perhatian bagi berbagai kalangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa, yang disebabkan oleh faktor diantaranya terletak pada proses pembelajaran matematika di sekolah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD N107400 Bandar Khalifah T.A. 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Bandar Khalifah, sebanyak 37 orang. Peneliti merancang program pembelajaran, melaksanakan di kelas dan dengan pengamatan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya.. Maka data diperoleh, terlihat pada tes hasil belajar siklus I nilai rata-rata siswa adalah sebesar 13,52% dan meningkat pada tes hasil belajar siklus II sebesar 91,89%.Telihat jelas bahwa pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. dan hasil observasi terhadap siswa di Siklus sebesar I 59,37 % dan siklus II sebesar 81,25% juga mengalami peningkatan. Karena hasil belajar siswa telah meningkat dan mereka semakin mudah mempelajari penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut tidak sama. Sehingga dapat dilihat bahwa pada siklus II metode pembelajaran efektif. Dari analisis data, diperoleh 32 siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal pada tes hasil belajar siklus I, dan 3 siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal pada tes hasil belajar siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Sih p |
Keywords: | Konsep Belajar; Hakekat Matematika; Hasil Belajar; Materi Pelajaran; Hakekat Metode Inkuiri; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7479 |