Siregar, Waliyul Maulana (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARA STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 107415 BATANG KUIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311091 cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103311091 lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103311091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
1103311091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103311091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103311091 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
1103311091 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103311091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103311091 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan modelpembelajaran student fasilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran Matematika pokok menghitung volume kubus dan balok di kelas V SD Negeri 107415Batang Kuis T.A 2013/2014?Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 orangyang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan di SD Negeri 107415 Batang Kuis.Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran student fasilitator and explaining yangdiharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokokbahasan menghitung volume kubus dan balok..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaranmatematika pada pokok bahasan menghitung volume kubus dan balok di kelas V SD Negeri107415 Batang Kuis T.A 2013/2014.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus,dimana setiap siklus dilakukan 1x pertemuan (4x35 menit). Dalam setiap siklus dilakukanmelalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul datayang digunakan adalah tes dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, penelititerlebih dahulu memberikan pretes yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa danmengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal diperoleh data 37 orang siswa masih belumtuntas (sesuai KKM) dalam bentuk persentase 97,37%, dan hanya1 orang siswa telah tuntasdalam bentuk persentase 2,63% dari nilai minimal yang ditentukan yaitu 6.00. Pada siklus Idiperoleh data peningkatan hasil belajar siswa yaitu 19 orang siswa mendapat nilai tuntas dalambentuk persentase 50% dan 19 orang siswa belum tuntas dalam bentuk persentase 50% darijumlah siswa secara keseluruhan. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tergolong cukupdengan persentase 71,88 dan kegiatan peneliti dari observasi guru kelas tergolong cukupkompeten dengan persentase 75%.Maka dilaksanakan siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi baik denganpersentase 87,5% dan kegiatan peneliti dalam mengajar sangat kompeten dengan persentase97,22%, hasil tes belajar siswa pun semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingindicapai pada tingkat hasil belajar 35 orang siswa telah mencapai nilai tuntas dalam bentukpersentase 92,11% dan 3 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajar dalam bentuk persentase7,89%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran student fasilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 107415 Batang Kuis. oleh karena itu, modelpembelajaran student fasilitator and explaining dapat diterapkan sebagai salah satu alternatifdalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar; Student Fasilitator And Explaining; Materi Pelajaran; Model Pembelajaran; Hipotesis; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7475 |