Maisarah (2014) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL PENJUMLAHAN DENGAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 101777 SAENTIS TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098017 Caver1.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
109098017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
109098017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
109098017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109098017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109098017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109098017 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
109098017 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109098017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109098017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal penjumlahan dengan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal penjumlahan dengan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan meneliti korelasi melalui angka-angka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik korelasional dengan cara menganalisis hubungan antara variabel bebas (kemampuan awal penjumlahan) dengan variabel terikat (hasil belajar perkalian) melalui pengujian hipotesis penelitian. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling sehingga populasi dan sampel memiliki jumlah yang sama yaitu sebanyak 69 orang siswa kelas II di SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2013/2014.Dalam penelitian dilakukan pengujian instrumen dengan menguji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada tes kemampuan awal penjumlahan dan tes hasil belajar perkalian. Analisis data dilakukan dengan pengujian persyaratan analisi yaitu uji normalitas dan uji linearitas, serta pengujian hipotesis yaitu uji korelasional dan uji keberartian korelasi.Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data variabel kemampuan awal penjumlahan dan data variabel hasil belajar perkalian memiliki distribusi normal dengan perolehan skor L0 < Ltabel. Hasil uji linearitas menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan dan linear dengan perolehan skor Fsign (49,10) > Fsign tabel(3,99) dan Fline(1,59) < Fline tabel (2,47). Dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan perolehan skor korelasi rhitung (0,650) > rtabel(0,235), skor keberartian korelasi thitung (7,007) > ttabel(1,996), dan deteminasi korelasi sebesar 42,29 %.Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal penjumlahan dengan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2013/2014. Dengan demikian, semakin tinggi kemampuan awal penjumlahan siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar perkaliannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Mai h |
Keywords: | Kemampuan Awal; Penjumlahan; Hasil Belajar; Perkalian; Aspek-aspek; Learning Prequistes |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7467 |