Harnesta, Yuliza Fitri (2014) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA MELALUI PEMBELAJARAN HOLISTIK PADA PELAJARAN SAINS BAGI SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 106161 PASAR IV TIMUR MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1114311017 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1114311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
1114311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
1114311017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1114311017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1114311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1114311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1114311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1114311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
1114311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1114311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini apakah melalui Strategi Pembelajaran Holistik dapat meningkatkan kompetensi dasar mengindetifikasi wujud benda padat cair dan gas memiliki sifat tertentu pada pelajaran sains bagi siswa di kelas IV SD negeri 106161 pasar IV timur Medan Estate T A 2013-2014Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri 106161 Pasar IV Timur Medan Estate dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi SAINS tentang Mengidentifikasi Wujud Benda dan Sifatnya alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uji kompetensi berupa soal tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dan lembar bbservasi siswa dan guruHasil penelitian menunjukan pada keadaan awal bahwa dari hasil pelaksanaan tes uji kompetensi dasar pada pertemuan awal nilai rata rata kelas sebelum diberikan tindakan sebesar 48 00 dan dinyatakan masih belum tuntas dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 20 Pada siklus I diperoleh nilai rata rata kelas sebesar 74 66 serta tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56 66 Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86 33 diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebesar 76 66Berdasarkan hasil penelitian mulia dari keadaan awal siklus I dan siklus II sudah mengalami peningkatan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran holistik dapat meningkatkan kompetensi dasar siswa dalam pelajaran sains pada pokok bahasan mengidentifikasi wujud benda san sifatnya di SD Negeri 106161 pasar IV timur Medan Estate
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 nur u |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Pembelajaran holistik; Kompetensi dasar; Hakikat belajar sains; Materi pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7462 |