Manurung, Boris Becker (2014) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI KELAS XI IPS 1 T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151011 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
109151011 PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
109151011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109151011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
109151011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109151011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109151011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109151011 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
109151011 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109151011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 1Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelas XI IPS 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari Sampai bulan Maret 2014. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai. Jalan besar Paya Mabar no 4. Desa paya Mabar.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS1 yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 8 siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Angket uji coba kemandirian belajar sebanyak 30 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas XI IPS² SMA yang berjumlah 30 orang siswa. Angket kemandirian belajar yang valid sebanyak 25 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 8 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Dengan menggunakan rumus persentase. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, lalu dilakukan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi.Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 8 orang siswa mengalami kemandirian belajar yang sedang . Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar dengan kriteria tinggi dengan kriteria 37,5%, namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan pada hubungan kekeluargaan. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan kemandirian belajar dengan kriteria sangat tinggi dengan kriteria 75%. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa SMA Negeri Kecamatan Tebing Tinggi telah mengalami peningkatan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Man m |
Keywords: | Kemandirian; Belajar; Karakteristik; Bahan Belajar Mandiri; Bimbingan Kelompok; Tujuan Diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7461 |