Aruan, Ranita Martha (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANPICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAPELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD SWASTA TELADAN MEDAN HELVETIA TAHUNAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311054 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
1104311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
1104311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
1104311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104311054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1104311054 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311054 GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311054 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
1104311054 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
1104311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaanmodel pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar Siswapada pelajaran sains materi pokok Pengelompokan Hewan Berdasarkan JenisMakanannya Kelas IV SD Swasta Teladan Medan Helvetia Tahun Ajaran2013 2014 Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswamelalui penggunaan model pembelajaran Picture And Picture pada pelajaran sainsmateri pokok Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di KelasIV SD Swasta Teladan Medan Helvetia Tahun Ajaran 2013 2014Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Pendekatanyang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan kesulitan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikanmateri yang berkaitan dengan pengelompokkan hewan berdasarkan jenismakananya Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus Langkahlangkahsetiap pembelajaran terdiri atas perencanaan pelaksanaan pengamatandan refleksi Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkannilai pretes Siklus I Siklus II Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabilahasil belajar siswa mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar 65Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada saat pre test dari 32 orang siswamendapatkan nilai tuntas 4 orang siswa 15 dan sebanyak 28 orang siswa 85mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata rata 51 56 Pada siklus I dari 32orang mendapatkan nilai tuntas 18 orang siswa 56 25 dan sebanyak 14 orangsiswa 4375 mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata rata 66 56 Padasiklus II mendapatkan nilai tuntas 30 orang siswa 93 75 dan sebanyak 2 orangsiswa 6 25 mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata rata 86 56Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasilobservasi guru menggunakan model pembelajaran picture and picture dapatmeningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Swasta Teladan Medan HelvetiaTahun Ajaran 2013 2014 Oleh karenanya disarankan kepada guru agarmenerapkan metode pembelajaran model pembelajaran picture and picturesebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokokpengelompokkan hewan berdasarkan jenis makananya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 aru p |
Keywords: | Hakekat hasil belajar; Model pembelajaran picture and picture; Materi pembelajaran; Hasil belajar; Variabel; Guru; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7457 |