PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PAD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI NO. 060822 MEDAN KEC. MEDAN AREA TA 2014/2015

Khadijah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PAD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI NO. 060822 MEDAN KEC. MEDAN AREA TA 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1111512004 COVER.pdf]
Preview
Text
1111512004 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1111512004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1111512004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1111512004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1111512004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1111512004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1111512004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1111512004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 BAB I.pdf]
Preview
Text
1111512004 BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 BAB V.pdf]
Preview
Text
1111512004 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 1111512004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1111512004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam mengeluarkan imajinasinya ke dalam bentuk puisi, penguasaan kosa-kata siswa relatif masih kurang, siswa kurang tepat menggunakan pilihan kata di dalam puisi sehingga siswa masih kesulitan dalam merangkai atau menyusun kata-kata menjadi kalimat yang indah dikarenakan pembelajaran menulis puisi hanya didominasi oleh teori daripada praktek. Kemampuan siswa menulis puisi rendah diakibatkan karena guru belum mengoptimalkan penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester II SD Negeri No. 060822 Medan kec. Medan Area T.A 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus 4x pertemuan. Jumlah siswa yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa terdiri dari 15 orang perempuan dan 15 orang laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan yang terbagi dalam 4 tahap, yakni (1) tahap menemukan tema puisi berdasarkan gambar atau objek yang diberikan, (2) tahap menemukan kosa-kata yang berhubungan dengan media gambar sebagai penulisan puisi, (3) tahap merangkai kata-kata dengan menambahkan kata-kata lain sehingga menjadi kalimat yang indah, (4) tahap merangkai atau menyusun kalimat menjadi bentuk puisi berdasarka media gambar, Hasil observasi kegiatan guru siklus I pertemuan I jumlah skor yang diperoleh 35 (58,33%), kegiatan guru siklus I pertemuan II jumlah skor yang diperoleh 43 (71,67%), kegiatan guru siklus II pertemuan I skor yang diperoleh 49 (81,67%), sementara kegiatan guru siklus II pertemuan II jumlah skor yang diperoleh 59 (96,67%). Sedangkan hasil observasi kegiatan siswa siklus I pertemuan I jumlah skor yang diperoleh 42 (65,63%), kegiatan siswa siklus I pertemuan II skor yang diperoleh 46 (71,87%), kegiatan siswa siklus II pertemuan I jumlah skor yang diperoleh 52 (81,25%), kegiatan siswa siklus II pertemuan II jumlah skor yang diperoleh 61 (95,32%). pada kondisi awal terdapat 27 siswa (90%) yang belum mampu, 3 siswa (10%) yang mampu. Pada siklus I terdapat 13 siswa (43,33%) yang belum mampu, 17 siswa (56,67%) yang mampu, dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 4 siswa (13,33%) yang belum mampu, 26 siswa (86,67%) yang mampu.
Maka kesimpulannya adalah dengan menggunakan metode Picture and Picture yakni, (1) siswa lebih mudah mengeluarkan ide ke dalam bentuk puisi dengan media gambar, sangat terlihat jelas; (2) siswa lebih cepat tanggap dalam menyusun puisi dengan media gambar yang disediakan; (3) dengan menggunakan media gambar, sehingga siswa dengan mudah mengeluarkan idea (pikiran) dan perasaanya dalam pembelajaran menulis puisi ternyata dapat memberikan kemudahan bagi siswa serta mengalami peningkatan kemampuan siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.62 Kha p
Keywords: Kemampuan; Menu;lis; Puisi; Pembelajarn; Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 03 Aug 2016 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item
View Item