Nurlaila (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK MESJID AGUNG MEDAN T/A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098024 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109098024 LEMPAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
109098024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
109098024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
109098024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
109098024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
109098024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
109098024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
109098024 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109098024 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109098024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak . Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1). Aktivitas anak masih rendah. (2). Guru kurang melakukan metode Tanya jawab(3). Kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan fasih (4). Anak masih malu-malu ketika ditanya tentang kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode Tanya jawab dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Mesjid Agung Medan T/A 2013/2014Hasil penelitian siklus I Pada pertemuan 1 dari 16 anak yang memiliki perkembangan bahasa ada 12 anak (85%) tergolong cukup dan 4 anak (15%) tergolong kurang. Pada pertemuan 2 ada 16 anak (100%) tergolong cukup.Pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yang dilaksanakan penelitian dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan pengembangan bahasa anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang siknifikan, pada pertemuan 1 ada 4 anak (25%) tergolong sangat baik, 12 anak (75%) tergolong baik. Pada pertemuan 2 ada 10 orang anak (62%) tergolong sangat baik dan 6 anak (38%) tergolong baik.Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II bahwa metode Tanya jawab dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B di TK Mesjid Agung Medan T/A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Nur u |
Keywords: | kemampuan; bahasa; anak usia dini; perkembangan bahasa; metode tanya jawab |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7434 |