Nainggolan, Bertia Elisa (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL ANAK KELOMPOK B DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI TK TAMARISKA KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
109113010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
109113010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109113010 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
109113010 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan menggunakanmetode bermain peran dapat mengembangkan sikap sosial anak kelompok B di TKTamariska Jl. Karya VII ujung, Helvetia – Deli Serdang. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui sikap sosial anak dapat dikembangkan dengan menggunakanmetode bermain peran di kelompok B di TK Tamariska kabupaten Deli Serdang.Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 orang, yangterdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Sedangkan objekpenelitian ini adalah tindakan untuk mengembangkan sikap sosial anak usia dinidengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data adalah lembarobservasi. Adapun indikator yang digunakan dalam pengembangan sikap sosial anakyaitu : mau berbagi, mau menolong, saling bekerja sama dan bertanggung jawab akantugasnya.Hasil penelitian yang dilakukan pada tindakan siklus I dengan melakukanobservasi kepada anak untuk mengetahui perkembangan sikap sosial anak kelompokB di TK Tamariska setelah digunakannya metode bermain peran menunjukkan bahwaterdapat 5 orang anak (33.3%) tergolong baik, 9 orang anak (60%) tergolong cukup,dan 1 orang anak (6.6%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkan bahwasanyahasilnya belum mencapai kriteria keberhasilan, sehingga perlu dilakukan TindakanPembelajaran yang lebih baik pada siklus II. Dari siklus II dilakukan perbaikantindakan pembelajaran dengan menggunakkan bermain peran. Guru memberikanmotivasi pada anak untuk tampil percaya diri dan lebih semangat saat bermain peran,Memberikan kebebasan pada anak untuk memilih peran masing – masing, selain ituguru memberikan hadiah kepada anak setelah bermain peran, hal ini membuat anakakan lebih tertarik mengikuti kegiatan dan melakukan kegiatan sesuai dengan peranyang dimainkan dengan baik. Setelah tindakan siklus II dilakukan, hasilperkembangan pada siklus II terdapat 12 orang anak (80%) tergolong Sangat Baik, 3orang anak (20%) tergolong baik, dan tidak ada anak yang tergolong dan cukupkurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat mengembangkan sikap sosial anak kelompok B di TK Tamariskakabupaten Deli Serdang T.A 2013/2014. Disarankan kepada guru dapatmenggunakkan bermain peran dalam mengembangkan sikap sosial anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Nai u |
Keywords: | Sikap sosial; Proses perkembangan sosial; Tingkah laku sosial; Metode bermain peran; Kelebihan dan kelemahan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7426 |