T. Syihab, Liza Zahara (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTRA PERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK PELANGI, JL. BHAYANGKARA, NO. 417 MEDAN T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113003 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
109113003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109113003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109113003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113003 BAB I.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109113003 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang ada dalam diri anak,dan perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasanintrapersonal anak yaitu dengan melakukan kegiatan bermain peran. Bermainperan adalah kegiatan yang dilakukan oleh anak seolah-olah anak berperanmenjadi tokoh yang dimainkannya, sesuai dengan prosedur bermain tersebut.Permainan yang dilakukan anak dengan menjadi tokoh apa yang diperankannyasesuai dengan skenario yang telah dibuat untuk meningkatkan kecerdasanintrapersonal anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasanintrapersonal anak usia 5-6 tahun dengan metode bermain peran. Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah tindakan untukmeningkatkan kecerdasan intrapersonal pada Anak Usia Dini melalui metodebermain peran. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelas B yang berjumlah 20orang.Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan testperformance (tes unjuk kerja) dan lembar observasi, dimana setiap siklusdiadakan 2 kali pertemuan. Adapun indikator yang dibuat adalah Mengenal ciricirilebih banyak, Menikmati kebersamaan dengan orang lain, Menyatakanberkompeten melakukan sesuatu, Berusaha bersikap menyenangkan danberempatik dengan orang lain, Mengarahkan diri dengan mengendalikan diri danMenyadari kekuatan dan kelemahan diri. Dan untuk kegiatan bermain peranmenggunakan indikator, Perencanaan, Peran (Roles), Benda, Lamanya Waktu(Extended time frame), Bahasa (Language).Hasil analisis siklus I pertemuan I dan II diperoleh data bahwa kecerdasanintrapersonal anak yaitu, pada pertemuan I sebesar 35% (7 orang anak) yangtermasuk dalam kategori cukup, 60% (12 orang anak) yang termasuk padakategori kurang, dan pada pertemuan II perolehan datanya yaitu sebesar 75% (15orang anak) yang termasuk dalam kategori baik, 25% (5 orang anak) yangtermasuk pada kategori cukup. Dari data hasil dari test performance (tes unjukkerja) perlu perbaikan lagi pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II pertemuan Iyaitu sebesar 95% (19 orang anak) yang termasuk dalam kategori sangat baik, 5%(1 orang anak) yang termasuk pada kategori baik, dan untuk pertemuan IIdiperoleh datanya sekitar sebesar 100% (20 orang anak) yang termasuk dalamkategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat kecerdasan anak sangat meningkat lebihmaksimal pada siklus II, dan tidak perlu ada perbaikan lagi.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan metodebermain peran dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahundi TK Pelangi T.A 2012-2013. Dimana dengan bermain peran anak akan dapatmengontrol emosinya, belajar untuk bisa sabar dan tampil lebih percaya diri dananak lebih semangat lagi dalam pembelajaran dengan diterapkannya metodebermain peran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374 019 /Syi /u |
Keywords: | Kecerdasan ; Kecerdasan intrapersonal ; Metode bermain ; Perkembangan bermain ; Multiple intlegensi ;Prosedur bermain pelan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7420 |