Utami, Citra Nanda (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DI PAUD HARAPAN BUNDAKUKEC. MEDAN KOTA TAHUN AJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113011 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
109113011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
109113011 KATA PENGAN TAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109113011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113011 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
109113011 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109113011 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Minat membaca anak yang masihrendah, 2). Pembelajaran masih bersifat konvensional, 3). Anak kurangtermotivasi dalam kegiatan pembelajaran, 4). Media yang digunakan kurangbervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak usia dinikelompok B melalui penggunaan media flashcard di PAUD Harapan BundakuKec. Medan Kota Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian inidilakukan dengan 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri atas empat komponenyaitu: 1). Perencanaan (planning), 2). Tindakan (acting), 3). Pengamatan(observing), dan 4). Refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalahseluruh anak kelompok B di PAUD Harapan Bundaku Kec. Medan Kota TahunAjaran 2012/2013 yang berjumlah 23 orang anak. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi. Teknikanalisis data dilakukan dengan cara mencari tingkat minat baca anak secaraindividu, mencari rata-rata minat baca anak, dan mencari tingkat minat baca anaksecara klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan padasiklus I selama dua kali pertemuan ditemukan hasil bahwa rata-rata minat bacaanak yaitu 56% dimana, 2 orang anak (8,7%) pada kategori sangat baik, 7 oranganak (30,5%) pada kategori baik, 6 orang anak (26%) pada kategori cukup, dan 8orang anak (34,8%) pada kategori kurang. Pada tindakan siklus II setelahdilakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan ataupon kelemahan-kelemahanyang terjadi pada siklus I, maka rata-rata minat baca anak menunjukkanpeningkatan hingga 91,9% dimana, 19 orang anak (82,6%) pada kategori sangatbaik, 4 orang anak (17,4%) pada kategori baik, dan tidak ada anak yangmenduduki kategori cukup dan kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa “MelaluiPenggunaan Media Flashcard Dapat Meningkatkan Minat Baca Anak Usia DiniKelompok B Di PAUD Harapan Bundaku Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Uta u |
Keywords: | Minat baca anak; Membaca; Media flash card; Keunggulan; Cara pembuatan; Kegiatan guru dan anak. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7414 |