Akhimza, Meiliana (2013) PENGARUH PEMBERIAN DONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ARIFAH MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113035 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109113035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
109113035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109113035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113035 BAB I.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
109113035 BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
109113035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Perkembangan keterampilan berbahasaanak usia 5-6 tahun di Paud Arifah masih kurang, serta masih tedapatnya anak yang sulitberbicara untuk mengeluarkan pendapatnya, (2) Kegiatan mendongeng di Paud Arifah kurangdimanfaatkan oleh guru, (3) Kegiatan mendongeng mulai tidak terkenal lagi dimata anakanak.(4) Orang tua serta guru kurang menyadari betapa pentingnya mendongeng. Penelitianini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pemberian dongeng pada ana usia 5-6 tahun di PAUDArifah Medan, (2) Mengetahui perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD ArifahMedan, (3) Mengetahui pengaruh pemberian dongeng yang positif terhadap perkembanganbahasa anak usia5-6 tahun di PAUD ArifahMedan.Jenis penelitian berupa eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh muridkelompok B yang ada di PAUD ARIFAH yang berjumlah 20 orang. Sampel akan dibagimenjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mana dipilih secara acak/random yaitu dengan cara mengacak nomor absen murid. Dimana pada kelas kontrol 10orang dan pada kelas eksperimen 10 orang. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi.Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis (uji-t). Hasil analisis data observasi akhir diperoleh Fhitung = 1,27 < Ftabel = 3,18 (homogen). Uji hipotesis didapat thitung (2,45) > ttabel (2,10), maka disimpulkan ada pengaruh yangsignifikan dari pemberian dongeng terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Akh p |
Keywords: | Dongeng; Bhasa; Anak usia dini; Perkembangan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7409 |