Maisarah (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI KELOMPOK B TK SALSA CINTA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098017 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
109098017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
109098017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109098017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
109098017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
109098017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
109098017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
109098017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109098017 BAB I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
109098017 BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
109098017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1).kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan paseh (2). Kurangnya minat anak untuk belajar bahasa yang baik (3).. (4). Di rumah anak selalu mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tua dan kurang semangat jika memulai pembelajaran tidak didahului dengan adanya kegiatan bernyanyi (4) kurang berani tampil bernyanyi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahdengan kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Salsa Cinta Rakyat T.A 2012/2013.Hasil penelitian pada siklus I adalah Pada pertemuan 1 siklus I terdapat sebanyak 2 orang anak (6%) tergolong tinggi, sebanyak 31 orang anak (93,9%) tergolong rendah, dan tidak ada ditemukan anak yang tergolong sangat rendah. peneliti melanjutkannya ke siklus 2 dan melatih anak dalam kegiatan bernyanyi untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dan Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak dibandingkan pada siklus I, yaitu banyaknya anak yang tergolong sangat tinggi meningkat menjadi 26 orang anak (78,8%), sedangkan banyaknya anak yang tergolong tinggi meningkat menjadi 7 orang anak (21,2%) sedangkan tidak ada anak anak tergolong rendah dan sangat rendah menurun menjadi tidak ada atau (0,00%). Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II bahwa kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Salsa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Mai u |
Keywords: | Bahasa; Kemampuan bahasa anak; Peran orang tua; Bahasa anak usia dini; Metode bernyanyi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7405 |