Atika, Puspa (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5–6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR DI PAUD WALIDAYNA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313016 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
1103313016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
1103313016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103313016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103313016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103313016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103313016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103313016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103313016 BAB I.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313016 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1103313016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1). Kemampuan bahasa anakbelum berkembang sesuai dengan usianya. 2).Anak kurang lancar atau tersendatsendatketika mengungkapkan pengalamannya. 3).Keterbatasan perbendaharaanbahasa anak. 4).Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung perkembanganbahasa anak usia 5-6 tahun. 5).Media yang digunakan belum maksimal untukmengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui seberapa besar permainan kartu bergambar dapat meningkatkankemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Walidayna TA 2012/2013.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan kegiatan bermainkartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahundi PAUD Walidayna TA. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari2 kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatandan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 17 orang anak.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah melaksanakan permainankartu bergambar dalam proses pembelajaran maka diketahui bahwa peningkatankemampuan berbahasa anak yaitu: 70,59 % ( 12 anak) tergolong kurang baik, dansebanyak 29,41% (5 anak) tergolong cukup baik. Dari hasil observasi tersebutdapat diketahui bahwa perlu dilakukan pembelajaran melalui permainan kartubergambar yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II setelah dilakukanperbaikan cara penyampaian pembelajaran dalam permainan kartu bergambar,maka diketahui bahwa peningkatan kemampuan berbahasa anak meningkat yaitubahwa 17,64% (3 anak) sangat baik dan 41,18 % (7 anak) baik serta 41,18% (7anak) cukup baik. Dengan demikian, berdasarkan penelitian tindakan dan observasi yang telah dilakukan terbukti bahwa melalui permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Walidayna Medan T.A2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Ati m |
Keywords: | Kemampuan berbahasa anak; Perkembangan; Anak usia dini; Permainan kartu bergambar; Hipotesis tindakan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7404 |