Harahap, Etika Mutiara (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060874 MEDAN T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311026 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
109311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
109311026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
109311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109311026 BAB I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
109311026 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah metode yang digunakan guru tidak bervariasi dalam pembelajaran IPS, keaktifan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran IPS dan rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan prosedur yang terdiri atas II siklus yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test kepada siswa disetiap siklus dan lembar observasi untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 060874 Medan dengan jumlah 44 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan model two stay-two stray pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 060874 Medan T.A 2012/2013.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada sisklus I dan siklus II setelah adanya perbaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran two stay two stray hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 65,22, dan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 84,57. Dan untuk persentasi ketuntasan klasikal adalah 52,17 % pada siklus I dan 86,96 % pada siklus II sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai nilai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Har m |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Model two stay - two stray; Kelebihan dan Kelemahan; Penilaian; Pembelajaran IPS. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7402 |