Sinambela, Sapridawati (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 016404 BANDAR PASIR MANDOGE T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311095 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
109311095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
109311095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
109311095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109311095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
109311095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109311095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
109311095 BAB I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
109311095 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
109311095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Masalah Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Masalah Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning.Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan model pembelajaran Quantum Learning, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 016404 Bandar Pasir Mandoge.TP. 2012 / 2013 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiaap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 65.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 8 orang siswa (26,67%). Setelah pelaksanaan Siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 15 orang siswa (50%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 29 orang siswa (96,67%). temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial kelas IV SDN 016404 Bandar Pasir Mandoge TP. 2012 / 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sin u |
Keywords: | Hasil belajar; Metode; Quantum learning; Langkah - langkah; Kelbihan dan kekurangan; Masalah sosial. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7401 |