MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD N 101883 TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013

Saragih, Trie Susi (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD N 101883 TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111063 COVER.pdf]
Preview
Text
109111063 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111063 BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111063 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 109111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va SD N 101883 Tanjung Morawa yang berjumlah 38 orang sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap motivasi belajar siswa dan observasi kegiatan mengajar guru.Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi siswa untuk setiap siklus. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 49,66 % dan terjadi peningkatan pada pertemuan ke-2 yang mencapai 61,83 %. Pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 73,02 % dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata motivasi belajar siswa semakin meningkat yang mencapai 80,50 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match pada pelajaran IPS materi penjajahan Belanda di Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.89 Sar m
Keywords: Belajar; Motivasi; Ciri - ciri motivasi; Model pembelajaran; Kooperatif learning; Tipe make a match; Pembelajaran IPS.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7397

Actions (login required)

View Item
View Item