Mursid, R (2011) PENGARUH STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 17 (02). pp. 151-164. ISSN 0852-0151
Pengaruh strategi pengoraganisasian pembelajaran dan motif berprestasi terhadap hasil belajar kewirausahaan pada program keahlian teknik kendaraan ringan .pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penyebab sulitnya lulusan SMK dalam mencari dan membuka pekerjaan salah satunya adalah selain rendahnya keterampilan (skill) juga dibarengi dengan pengetahuan, aplikasi, kemampuan serta dorongan untuk berwirausaha yang relatif masih terbatas. Siswa Kewirausahaan merupakan mata pelajaran yang berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi dasar kejuruan. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Melalui desain ini akan melibatkan dua kelompok sampel masing-masing ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran elaborasi dan ekspositori dalam pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan. Hasil penelitin adalah: (1) hasil belajar kewirausahaan siswa dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih baik dibandingkan strategi ekspositori. Motif berprestasi tinggi dan rendah, siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran elaborasi lebih baik bila dibandingkan strategi ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih baik dibandingkan yang memiliki motif berprestasi rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pengorganisasian Pembelajaran; Motif Berprestasi; Hasil Belajar Kewirausahaan; Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 12:28 |
Last Modified: | 27 May 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/739 |