MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DI KELAS V SD NEGERI 105329 WONOSARI, TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Rahmadsyah, Fajar (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DI KELAS V SD NEGERI 105329 WONOSARI, TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111025 COVER.pdf]
Preview
Text
109111025 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 109111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 109111025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111025 BAB I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111025 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 109111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran berlangsung, (2) Siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran berlangsung, (3) Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan (4) Metode yang digunakan guru kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran guided teaching. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105329 Wonosari, Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa mencapai 43 siswa. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart dan dalam penerapannya menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa tes dalam bentuk pilihan berganda dengan setiap tes memiliki 10 butir soal dan lembar observasi untuk mengamati peferma mangajar guru dalam setiap pertemuannya. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara individu dan klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 bagi individu dan ketuntasan klasikal mencapai ≥ 85%.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas siswa pada pre-tes sebesar 48,83 dan presentase ketuntasan sebesar 18,60% dan dinyatakan masih belum tuntas belajar. Setelah diterapkannya model pembelajaran guided teaching hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,58% yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 44,18% dengan rata-rata 62,79 meskipun tidak tuntas namun hasil belajar sudah mengalami peingkatan dan setelah dilanjutkan pada siklus II dengan perbaikan dari siklus I maka peningkatan pada siklus II ini mencapai 44,18% dengan presentase ketuntasan mencapai 88,37% dan rata-rata nilai mencapai 78,83 dengan pencapaian ini menunjukkan bahwa ketuntasan siswa sudah melampaui ketuntasan yang ditentukan peneliti yaitu ≥ 85% dan penelitian dihentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided teaching dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 105329 Wonosari, Tanjung Morawa pada materi pokok kebebasan berorganisasi Tahun Ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.12 Rah m
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; guided Teaching; Kebebasan; Berorganisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

View Item
View Item