Wangi, Sri (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101880 TANJUNG MORAWA T.A 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099039 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
109099039 LEMBAR PENGESAHAN].pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
109099039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
109099039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109099039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
109099039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109099039 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109099039 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
109099039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109099039 BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
109099039 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109099039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini dilaksanakan di SDN 101880 Tanjung Morawa, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika materi masalah bangun datar dengan menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas V SD.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 49 orang Tahun Ajaran 2012 – 2013. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan ditelitidan peneliti melihat rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pada materi masalah Bangun Datar, serta kurangnya media dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siswa di kelas ini serta guru kurang bervariasi menggunakan metode, sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar pada pelajaran Matematika. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes, Tes diberikan sebanyak 20 pertnyaan berbentuk pilihan berganda (multipelcoise). diberikan sebanyak 2 kali yaitu kondisi awal, dan kondisi akhir. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Peneliti ini menggunakan metode Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa pada materi Bangun datar. Hasil penelitian yang diperoleh dari Tes pada kondisi awal 30,61% tergolong rendah dan kondisi akhir 91,83% tergolong sangat baik. Sedangkan hasil yang diperoleh dari hasil observasi hasil belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi pada siklus I 66,66% tergolong rendah, dan Siklus II 80,55% mengalami peningkatan dan tergolong baik. Kemudian hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I diperoleh skor 70,45% tergolong cukup baik. Dan pada siklus II diperoleh hasil observasi kegiatan mengajar guru sebesar 95,45 tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari tes hasil belajar siklus I ke tes hasil belajar siklus II terjadi peningkatan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa pada materi Bangun datar di kelas V SD Negeri 101880 Tanjung Morawa T.A 2012 / 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 7 / Wan / u |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; STUDENTTACILATATOR AND EPLAINING ; MATEMATIKA ; BANGUN DATAR ; HIPDTESIS TINDAKAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7377 |