Simamora, Saut M. (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SD. BAPTIS INDEPENDEN KEC. MEDAN DENAI T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311067 COVER .pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
1104311067 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1104311067 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
1104311067 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
1104311067 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
1104311067 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
1104311067 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1104311067 BAB I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1104311067 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
1104311067 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dan mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada pokok bahasan gaya magnet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Baptis Independen sebanyak 33 orang. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dalam penelitian ini, kriteria ketuntasan belajar digunakan sebagai acuan dalam melanjutkan tindakan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat terdapat 14 orang (42,42 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar ( jumlah ≥ 65) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 54,54. Pada siklus II diperoleh data dari 33 orang terdapat 31 orang (93,93 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 88,18. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai 65 ke atas yaitu sebanyak 17 orang dan nilai rata-rata meningkat sebesar 33,64. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gaya magnet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Sim m |
Keywords: | Hakikat Pembelajaran; Hasil Belajar; Metode Eksperimen; Sains; SD; Gaya Magnet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7375 |