Juliarti (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (02). pp. 222-235. ISSN 1979-6692
Cover.pdf
Download (253kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (148kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Table of content.pdf
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistik dengan menggunakan peta konsep dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Statistik dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Tata Boga stambuk 2008 Semester Ganjil 2010/2011 yang mengontrak mata kuliah Statistik dengan jumlah 42 orang. Kegiatan Siklus I membahas materi Data dan Penyajian Data dan Siklus II tentang Ukuran Pemusatan Data. Evaluasi setiap siklus terdiri dari pretes, postes dan hasil diskusi dan presentasi. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mata kuliah Statistik dengan menggunakan metode pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dimana nilai rata-rata pada siklus 1 terdiri dari nilai rata-rata pretes 34,13 dan nilai rata-rata postes 63,08. Pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata pretes 67,83 dan nilai rata-rata postes 80,69. Pembelajaran Statistik dengan menggunakan metode peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Tata Boga dimana sebanyak 70,10% mahasiswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep dalam mata kuliah Statistik dapat memotivasi mahasiswa untuk mempelajari Statistik.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran; Peta Konsep; Statistik |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 12:14 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 12:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/737 |