MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK JENIS-JENIS TANAH DI KELAS V SDN. 101865 BINTANG MERIAH KEC. BATANG KUIS T.A. 2012/2013

Siregar, Popy Yanti (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK JENIS-JENIS TANAH DI KELAS V SDN. 101865 BINTANG MERIAH KEC. BATANG KUIS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311078 Cover.pdf]
Preview
Text
109311078 Cover.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 LEMBAR PENGESAHAN'.pdf]
Preview
Text
109311078 LEMBAR PENGESAHAN'.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311078 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 DAFTRA TABEL.pdf]
Preview
Text
109311078 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 DAFTRA GAMBRA.pdf]
Preview
Text
109311078 DAFTRA GAMBRA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 DEAFTRA LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109311078 DEAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 BAB I.pdf]
Preview
Text
109311078 BAB I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 109311078 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Sains siswa pada di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi jenis-jenis tanah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di lakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari dua tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tekhnik pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan tes dan observasi berupa daftar ceklist.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 2 siswa (7,14%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 42,5. Dari hasil post tes siklus I terdapat 19 siswa (68,92%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 67,82 data ini menunjukkan ada peningkatan dari tes awal. Dari hasil post tes siklus II terdapat 26 siswa (92,86%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 91,42 data ini menunjukkan ada peningkatan hasil dari post tes siklus I. Dari temuan dan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok jenis-jenis tanah pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah. Kec. Batang kuis. Oleh karena itu disarankan untuk guru agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.357 Sir m
Keywords: Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; TSTS; Pembelajaran Sains; Jenis Tanah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item
View Item