Siregar, Popy Yanti (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN SAINS MATERI POKOK JENIS-JENIS TANAH DI KELAS V SDN. 101865 BINTANG MERIAH KEC. BATANG KUIS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311078 Cover.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311078 LEMBAR PENGESAHAN'.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
109311078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109311078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109311078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109311078 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311078 DAFTRA GAMBRA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109311078 DEAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109311078 BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
109311078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Sains siswa pada di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi jenis-jenis tanah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di lakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari dua tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tekhnik pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan tes dan observasi berupa daftar ceklist.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 2 siswa (7,14%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 42,5. Dari hasil post tes siklus I terdapat 19 siswa (68,92%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 67,82 data ini menunjukkan ada peningkatan dari tes awal. Dari hasil post tes siklus II terdapat 26 siswa (92,86%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 91,42 data ini menunjukkan ada peningkatan hasil dari post tes siklus I. Dari temuan dan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok jenis-jenis tanah pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 101865 Bintang Meriah. Kec. Batang kuis. Oleh karena itu disarankan untuk guru agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Sir m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; TSTS; Pembelajaran Sains; Jenis Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7369 |