Sari, Intan Purwita (2013) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 107415 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311043 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109311043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
109311043 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
109311043 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
109311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah gaya mengajar guru yang monoton, peran aktif siswa dalam menerima pelajaran guru rendah sehingga motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri No. 107415 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftip korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri No. 107415 Batang Kuis. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis memberikan angket kepada siswa yang terdiri dari 2 angket yang masing-masing angket memiliki butir item yang berbeda angket pertama khusus untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru, penulis membuat sebanyak 25 butir soal. Sementara, untuk mengetahui motivasi belajar, penulis membuat sebanyak 20 butir soal. Dari analisis data, penulis menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil data penelitian diketahui bahwa variasi gaya mengajar guru di Kelas V SD Negeri No. 107415 Batang Kuis termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,38. Dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 107415 juga termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,41. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang dinyatakan dengan rxy (0,597) > rtabel (0,334). Variabel variasi gaya mengajar guru berkontribusi sebesar 35,7% terhadap motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 107415 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,275 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05% sebesar 2,034 artinya thitung > ttabel (4,275 > 2,034) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 107415 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa baik atau tidaknya variasi gaya mengajar guru dapat memberikan dampak bagi motivasi belajar siswa di sekolah. Apabila variasi gaya mengajar guru baik, maka motivasi belajar siswa tinggi sehingga prestasi belajar siswa pun akan tinggi pula, begitu juga sebaliknya. Motivasi berperan penting sebagai penggerak dalam diri siswa agar dapat belajar secara aktif, senang dalam belajar dan dapat mencapai hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 Sar h |
Keywords: | Motivasi; Belajr; Jenis - jenis; Mengajar; Gaya mengajar; Variasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7368 |