Lubis, Lenny Lestari (2013) MENINGAKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPA TENTANG HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A. 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313179 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
108313179 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
108313179 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
108313179 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313179 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
108313179 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313179 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313179 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313179 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313179 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
108313179 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
108313179 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada materi pokok Daur hidup beberapa hewan di kelas IV SD Negeri 106814 Tembung Kecamatan Percut sei Tuan Kabupaten Deli serdang.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pendekatan cooperative tipe jigsaw pada materi Daur hidup beberapa hewan dan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan cooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106814 Tembung tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa laki- laki dan 18 orang siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan april sampai dengan bulan juni 2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi /evaluasi. Teknik pengumpula ndata yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I penelitian memberikan pre teskepada 37 orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan siswa pada materi pokok daur hidup beberapa hewan. Kemudian di akhiri Siklus I dan siklus II diberikan post tes Idan post tes II. Hasil penelitian di peroleh nilai rata-rata pada tes awal dari 37 orang siswa sebesar 57,30 dimana terdapat 5 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dan sebanyak 32 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata dari 37 orang siswa meningkat menjadi 68,10 dimana terdapat 22 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan dan sebanyak 15 orang siswa yang belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata dari 37 orang siswa meningkat menjadi 73,24 dimana terdapat 32 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dan sebanyak 5 orang siswa yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekata ncooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa padamateri daur hidup beberapa hewan di kelas IV SD Negeri 106814 Tembung tahun ajaran 2012/2013. Sehingga pembelajaran pendekatan cooperative tipe jigsaw dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Lub m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Kooperatif; Jigsaw; IPA; Hewan; Kupu-kupu; Nyamuk; Kecoa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7362 |