Akhirawaty (2013) PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SDN NO. 101896 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151051 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
109151051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
109151051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
109151051 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109151051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109151051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109151051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109151051 BAB I .pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
109151051 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
109151051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101896 Tanjung Morawa, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Quantum Learning sebagai sasaran utama, bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 101896 Tanjung MorawaRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Cahaya dan Sifatnya pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 101896 Tanjung Morawa. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 30 orang siswa kelas V pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Sains berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ada 2 orang siswa (6,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 46. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan Model Quantum Learning diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 17 orang siswa (56,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 65,3. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan Model Quantum Learning diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 29 orang siswa (96,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83.Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101896 Tanjung Morawa pada pelajaran Sains dalam materi Cahaya dan Sifatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 357 / Akh /p |
Keywords: | BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; SAINS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7360 |