Citrawaty, Melissa (2013) PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 028229 KOTA BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111042 COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
109111042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
109111042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109111042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
109111042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
109111042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109111042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111042 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
109111042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
109111042 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 028229 Payaroba Kota Binjai. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 028229 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD 028229 Kota Binjai T.A 2012/2013, dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menerapkan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) dengan yang tidak menerapkan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 028229 Kota Binjai.Menurut Munawar, (2008) berdasarkan teori Taksanomi Bloom hasil belajar dicapai melalui tiga kategori yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk mendukung pernyataan tersebut, Idris Harta, (2007:35) menyatakan bahwa Pembelajaran dengan pendekatan SAVI adalah pembelajaran dengan menggabungkan gerakan fisik dan aktifitas intelektual serta melibatkan semua indera yang berpengaruh besar dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan menerapkan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 028229 Kota Binjai T.A 2012/2013 yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebanyak 3 orang siswa (8,8%). Setelah pelaksanaan siklus I diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 9 orang siswa (26,4%). Selanjutnya pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 32 orang siswa (94,1%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD Negeri 028229 Kota Binjai T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Cit p |
Keywords: | Hasil Belajar; SAVI; Pecahan; Penjumlahan; Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7356 |