PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Mursid, R (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (02). pp. 209-212. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Table of content.pdf]
Preview
Text
Table of content.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Kimia antara siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery dan Strategi Pembelajaran Discovery, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi dan Kecerdasan Emosional rendah (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan disain penelitian faktorial 2x2 pada taraf signifikansi  = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan uji Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher. Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) hasil belajar Kimia siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Discovery, dengan Fhitung 10,3406 > Ftabel 3,92, (2) hasil belajar Kimia siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional rendah dengan Fhitung 5,12915 > Ftabel 3,92, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia, dengan Fhitung 8,572374 > Ftabel 3,92. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran Guided Discovery lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional yang rendah dan strategi pembelajaran Discovery lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru kimia yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Kecerdasan Emosional.

Item Type: Article
Keywords: Discovery Berbasis TIK; Guided Discovery Berbasis TIK; Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 12:05
Last Modified: 31 Mar 2016 12:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item