Trisnawati, Desi (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWABERLATAR BELAKANG TAMAN KANAK-KANAK DENGAN SISWA TIDAK BERLATARBELAKANG TAMAN KANAK-KANAK PADA SISWA KELAS I SDN 101869 DESA SENAKEC. BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111010 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
109111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
109111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
109111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
109111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
109111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
109111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
109111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
109111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
109111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
109111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya siswaSD itu memiliki latar belakang pribadi dan sosial, perkembangan perilaku sosial,dan kemampuan awal yang bervariasi. Hal ini diduga disebabkan karenaperbedaan latar belakang pendidikan anak sebelum masuk SD, misalnyaberpendidikan TK atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa yang berlatar belakang Taman Kanak-Kanak dengansiswa yang tidak berlatar belakang Taman Kanak-Kanak pada siswa kelas I SDNegeri 101869 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini membahas tentang kesiapan bersekolah anak yang didugadapat menyebabkan perbedaan hasil belajar siswa di kelas I SD. Kesiapan belajaryang dimaksud adalah latar belakang pendidikan prasekolah siswa sebelum masukSD, apakah berlatar belakang Taman Kanak-Kanak atau tidak berlatar belakangTaman Kanak-Kanak.Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi, yakniseluruh siswa kelas I SDN 101869 Desa Sena yang berjumlah 49 orang denganperincian 11 orang siswa berlatar belakang Taman kanak-Kanak, dan 38 orangsiswa tidak berlatar belakang Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini merupakanpenelitian komparasi dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Teknikpengumpulan data berupa dokumentasi nilai rapor semester I siswa Kelas I sertadata siswa berdasarkan latar belakang pendidikan prasekolah. Teknik analisis datayang digunakan adalah uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis dan Uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan dilakukan uji homogenitas di peroleh kesimpulan bahwa data nilai siswa yang diteliti adalah homogen sehingga analisis uji komparatif dapat dilakukan. Setelah dilakukan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh harga��������� sebesar 1,357 dan ��� ����sebesar 1,678, sehingga harga ������� < ��Ini berarti ditolak, � ��diterima (nonsignifikan). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa berlatar belakang Taman Kanak-Kanak dengan siswa tidak berlatar belakang Taman Kanak-Kanak pada siswa kelas I SDN 101869 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis T.A 2012 / 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.801 9 Tri p |
Keywords: | Hasil belajar; Taman kanak - kanak; Sekolah dasar; Karakteristik; Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > L899 School fairs L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7340 |