ramadhani, putri (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA DI KELAS V SD NEGERI 107402 SAENTIS T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311081 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
109311081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109311081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109311081 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
109311081 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109311081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya dengan menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning di kelas V SD Negeri 107402 Saentis T.P. 2012/2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi Genius Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas V SD Negeri 107402 Saentis T.P. 2012/2013Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 50,00%, pada siklus I pertemuan II termasuk kategori rendah yaitu sebesar 33,33%, kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan I termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 41,67%, dan kategori aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 83,33%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas V SD Negeri 107402 Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2012/2013.Berdasarkan kesimpulan di saran Kepala Sekolah lebih meningkatkan perhatian terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah sehingga lebih meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar, para guru hendaknya berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri dengan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan profesionalistas kerja dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Ram u |
Keywords: | Aktivitas belajar; Genius Learning; Peristiwa alam; strategi pembelajaran. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7323 |