putri, khairunnisa (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN IPS MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 101898 LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111032 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
109111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
109111032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
109111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
109111032 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
109111032 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancaradengan guru kelas IV ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 101898masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarilmu pengetahuan sosial siswa dengan menggunakan metode snowball throwingpada materi kenampakan alam, sosial dan budaya di kelas IV SDN 101898Lubuk Pakam T.A. 2012/2013.Menurut Hamzah Uno, (2011:213) “Hasil belajar adalah perubahanperilaku yang relative menetap dalam diri seseorang sebagai akibat dari interaksiseseorang dengan lingkungannya”. Saminanto (2010:37) menyatakan bahwa“salah satu keunggulan … snowball throwing adalah “siswa mendapatkesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir karena diberikankesempatan untuk membuat soal dan diberikan pada siswa lain”.Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaranmetode snowball throwing. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasIV SDN 101898 Lubuk Pakam T.A. 2012/2013 yang berjumlah 40 orang. Datadikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakandalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis denganmenggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasilbelajar siswa secara klasikal yaitu 4 orang siswa (10,00%). Setelah pelaksanaansiklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 14orang siswa (35,00%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasanhasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 32 orang siswa (80,00%).Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metodesnowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranilmu pengetahuan sosial materi kenampakan alam, sosial dan budaya kelas IVSDN 101898 Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. Dan disarankan kepada pembacaagar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing sebagai alternatifuntuk memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada pelajaran IPS. KepadaKepala Sekolah agar mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran denganmenggunakan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar. Dankepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian yang sejenis secara tuntas dengan menggunakan metode snowball throwing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Put m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Metode; Pembelajaran; Snowball throwing; IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7320 |