Sari, Yusnita (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101875 BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111066 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
109111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
109111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109111066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111066 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
109111066 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
109111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis pada mata pelajarn IPA materi pokok energi bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran project based learning pada pembelajaran IPA materi energi bunyi di kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam materi pokok energi bunyi pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101875 Batang kuis.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 23 orang siswa kelas IV SD Negeri No.101875 Batang Kuis pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yang dilihat dari berapa persen tingkat keberhasilan yang dicapai dan perubahan kreativitas belajar siswa saat proses pembelajaran.Berdasarkan analisis data siklus I dianalisis terdapat 19 orang (82,6%) siswa yang kreativitasnya tergolong rendah dan 4 orang (17,4%) siswa yang kreativitasnya tergolong cukup. Dengan keberhasilan secara klasikal adalah 0%. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran project based learning diperoleh 4 orang (17,4%) siswa yang kreativitasnya tergolong cukup dan 19 orang (82,6%) siswa yang kreativitasnya tergolong tinggi. Dengan keberhasilan secara klasikal sebanyak 19 orang (82%). Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 101875 Batang Kuis pada pelajaran IPA dalam materi energi bunyi. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran project based learning dalam menyampaikan materi pada pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar m |
Keywords: | Belajar; Kreativitas; Model pembelajaran; Project based learning; IPA; Energi; Bunyi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7309 |