Sinaga, Yulia Tiurma Uli (2013) PENERAPAN MODEL ACTION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 095249 TAPAK KUDA KEC. BANDAR MASILAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311118 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
109311118 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
109311118 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
109311118 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109311118 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
109311118 BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
109311118 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109311118 DAFTAR PUSTAKA uli.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 095249 Tapak Kuda , jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Action Learning sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Action Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 095249 Tapak Kuda dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Action Learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Action Learning pada mata pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan dikelas IV SD Negeri 095249 Tapak Kuda.rumusan masalah dalam penelitian adalah: “Apakah dengan menerapkan model Action Learning dapat meningkatkan Hasil belajar Matematika pada materi pokok Pecahan di kelas IV SD Negeri 095249 Tapak Kuda Kec.Bandar Masilam TA 2012/2013” Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 21 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang diobservasiSetelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal terdapat 1 orang siswa 4.8% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 20 orang siswa 95.2% belum tuntas dengan nilai rata-rata 48.57. pada siklus I sebanyak 13 orang siswa 61.90% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 8 orang siswa 38.1% belum tuntas dengan nilai rata-rata 72.38. adapun aktivitas mengajar tergolong kategori Cukup yaitu 68,2%. pada siklus II sebanyak 17 orang siswa 80.95% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 4 orang siswa 19.05% belum tuntas dengan nilai rata-rata 92.85. . adapun aktivitas mengajar tergolong kategori Bagus yaitu 82,14%.Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Action Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 095249 Tapak Kuda pada pelajaran Matematika dalam materi Bilangan Pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Sin p |
Keywords: | Hakekat belajar; Model; Pembelajaran; Action learning; Matematika; Bilangan pecahan. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7307 |