Wulandari, Hartini (2013) HUBUNGAN KOMUNIKASI VERBAL TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SKB KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
109371010-COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109371010-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
109371010-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
109371010-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
109371010-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109371010-BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
109371010-BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109371010-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SKB Kota Binjai pada program paket C kelas X dan XI. Masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu: 1) kemampuan tutor dalam menggunakan komunikasi verbal di dalam kelas. 2) Motivasi belajar warga belajar paket C kelas X dan XI. 3) Hubungan antara komunikasi verbal tutor dengan motivasi belajar warga belajar paket C kelas X dan XI di SKB Kota Binjai. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui komunikasi verbal tutor dengan warga belajar paket C kelas X dan XI. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar warga belajar paket C kelas X dan XI. 3) Untuk mengetahui hubungan komunikasi verbal tutor dengan motivasi belajar warga belajar paket C kelas X dan XI di SKB Kota Binjai.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu warga belajar paket C kelas X dan XI yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian ini seluruh populasi yang ada yaitu 30 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pegumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, uji t dan linieritas sederhana.Dari hasil analisis dapat diketahui uji kecenderungan komunikasi verbal tutor berkategori tinggi sebanyak 56,67%. Dan dari uji kecenderungan motivasi belajar warga belajar berkategori tinggi sebanyak 56,67%. Dari hasil koefisien korelasi sebanyak 0,408 ≈ 0,41 yaitu 16% . Dan dari hasil uji t pada taraf signifikan 95%, thitung > ttabel yaitu 2,363 > 2,048.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi verbal tutor dengan motivasi belajar warga belajar paket C di SKB Kota Binjai. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan diperoleh harga rxy > rtabel yaitu 0,408 > 0,361. Jadi hipotesa yang berbunyi: “Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi verbal tutor dengan motivasi belajar warga belajar paket C di SKB Kota Binjai”, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374 22 /Wul/n |
Keywords: | MOTIVASI;BELAJAR; KOMUNIKASI; CIRI-CIRI ; VERBAL TUTOR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7292 |