Hanum, Luttfia (2013) MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI BELAJAR RENDAH MELALUI KONSELING KELOMPOK DI SMA NEGERI 11 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109451008 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
109451008 lembar persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109451008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
109451008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109451008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109451008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109451008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109451008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
109451008 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
109451008 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109451008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109451008 DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah adalah Apakah self-efficacy belajar siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok di SMA Negeri 11Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan peningkatan self–efficacy belajar siswa yang memiliki prestasi belajar rendah melalui konseling kelompok di SMA Negeri 11 Medan T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Sujek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-5 SMA Negeri 11 Medan sebanyak 40 orang. Berdasarkan hasil analisis angket self-efficacy ditemukan subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa, 3 orang siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dan mengalami masalah self-efficacy dan 3 orang siswa yang tidak yang tidak bermasalah.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang dilakukan melalui aplikasi instrumentasi untuk menjaring siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dan mengalami self-efficacy rendah. Alat pengumpul data berupa angket, percakapan konseling kelompok ditulis secara verbatim, data tentang evaluasi diri, penilaian segera (laiseg), penilaian jangka pendek (laijapen), dan penilaian jangka panjang (laijapan).Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi self-efficacy belajar siswa AL sebelum tindakan (Pra Siklus) berada pada rata-rata 47,5% dengan kriteria kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa berada pada rata-rata 62,5% dengan kriteria kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa hingga berada pada rata-rata 80%. Kondisi self-efficacy belajar juga terjadi pada siswa SE sebelum tindakan (Pra Siklus) berada pada rata-rata 50% dengan kriteria kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa berada pada rata-rata 70% dengan kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa hingga berada pada rata-rata 82,5%. Demikian juga dengan kondisi self-efficacy belajar siswa IN sebelum tindakan (Pra Siklus) berada pada rata-rata 50% dengan kriteria kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa berada pada rata-rata 72,5% dengan kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan kondisi self-efficacy belajar siswa hingga berada pada rata-rata 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan self-efficacy belajar siswa yang memiliki prestasi belajar rendah sudah mencapai target sekitar 81%, sesuai dengan target yang ditetapkan peneliti yaitu sekitar 76%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Han m |
Keywords: | Self - efficacy belajar; Prestasi belajar anak; Konseling kelompok; Pendekatan eklektik; Hipotesa penelitian. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7279 |