PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA DI PRODI TATA BOGA

Estellita, Dwi Diar (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA KULIAH EVALUASI HASIL BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA DI PRODI TATA BOGA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (01). pp. 97-112. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Table of content.pdf]
Preview
Text
Table of content.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pemecahan masalah dengan tutor sebaya secara kooperatif sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah evaluasi hasil belajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan melalui perbaikan pembelajaran dengan menerapkembangkan tindakan-tindakan yang didasarkan pada pendekatan belajar kooperatif dalam kelompok kecil dan diskusi antar kelompok di dalam kelas. Subyek dalam penelitan ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Tata Boga FT Unimed yang sedang mengikuti mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang merupakan penelitian partisipan dimana peneliti terlibat secara langsung dalam penelitian dari proses awal sampai akhir kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran koperatif dengan tutor sebaya dapat diterapkan pada pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar pada hampir seluruh materi pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 58,82% pada siklus II 76,47% dan menjadi 88,24% pada siklus III yang berarti menunjukan telah melebihi batas tuntas indikator keberhasilan penelitian sebesar 78,5%. Penerapan model pembelajaran dengan tutor sebaya dalam pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar juga mampu meningkatkan aktivitas mahasiswa. Hal ini tampak dari data hasil pengamatan mahasiswa. Pada siklus I untuk aktivitas kesiapan mahasiswa mengikuti pelajaran, keantusiasan mahasiswa, tanggung jawab, kerja sama dan ketekunan berada dalam kisaran sedang. Pada siklus II untuk tanggung jawab dalam kelompok, kerja sama dan ketekunan berada dalam kisaran baik, sedang kesiapan mahasiswa mengikuti pelajaran serta keantusiasan mahasiswa berada dalam kisaran sedang. Pada siklus III untuk kesiapan mahasiswa mengikuti pelajaran ,keantusiasan, tanggung jawab, kerja sama, ketekunan serta menjadi pendengar yang aktif berada pada kisaran baik. Hasil angket menunjukkan bahwa dari lima pernyataan tentang sikap mahasiswa terhadap pembelajaran evaluasi hasil belajar, sebanyak 11 mahasiswa (64,71%) setuju senang mengikuti pembelajaran evaluasi hasil belajar, sisanya sebanyak 35,29% (6 siswa) tidak setuju dengan pernyataan senang mengikuti perkuliahan Evaluasi Hasil Belajar.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Pemecahan Masalah; Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 11:19
Last Modified: 31 Mar 2016 11:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item
View Item