PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI

Mursid, R (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (01). pp. 83-96. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Table of content.pdf]
Preview
Text
Table of content.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui; (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar, (2) pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Penelitian kuasi eksperimen dilaksanakan di SMA Negeri 8 Medan. Total populasi berjumlah 154 siswa. Sampel 80 siswa Data statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa, siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 7,73 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 12,19 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Sosiologi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 37,33 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Dengan uji lanjutan Tukey diperoleh bahwa siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi jika diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray memperoleh hasil belajar Sosiologi yang lebih tinggi dibandingkan jika diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memperoleh hasil belajar Sosiologi yang lebih tinggi jika diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. dibandingkan jika diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran; Kecerdasan Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 11:00
Last Modified: 31 Mar 2016 11:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item
View Item