Mursid, R (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (01). pp. 83-96. ISSN 1979-6692
Cover.pdf
Download (252kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (147kB) | Preview
Fulltext.pdf
Download (317kB) | Preview
Table of content.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui; (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar, (2) pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Penelitian kuasi eksperimen dilaksanakan di SMA Negeri 8 Medan. Total populasi berjumlah 154 siswa. Sampel 80 siswa Data statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa, siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray, memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 7,73 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 12,19 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Sosiologi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 37,33 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,76). Dengan uji lanjutan Tukey diperoleh bahwa siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi jika diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray memperoleh hasil belajar Sosiologi yang lebih tinggi dibandingkan jika diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memperoleh hasil belajar Sosiologi yang lebih tinggi jika diajar menggunakan strategi Problem Based Instruction. dibandingkan jika diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 11:00 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 11:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/726 |