Nasution, Vera Handayani (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA BABAR SARI PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311078 Judul.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1104311078 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
1104311078 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311078 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
1104311078 Abstrak.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
1104311078 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1104311078 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311078 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1104311078 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
1104311078 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
1104311078 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104311078 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Babar Sari Pancur Batu Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Swasta Babar Sari Pancur Batu Tahun Ajaran 2012/2013 khususnya pada materi peredaran darah pada manusia melalui penggunaan model belajar Mind Mapping. Motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan. Diharapkan melalui penggunaan model mind mapping dalam proses pembelajaran Sains akan dapat meningkatkan motivasi belajar dan semangat belajar secara aktif pada siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 36 siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di lokasi SD Swasta Babar Sari Pancur Batu Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari Tahun Pembelajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian berupa kegiatan pembelajaran (siklus I ) dan Siklus II dalam pelajaran IPA materi peredaran darah pada manusia, ternyata telah diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I (pertemuan 1), nilai rata-rata hasil observasi yang diperoleh adalah 1,79 (cukup). Untuk pertemuan 2 nilai rata-rata hasil observasi yang diperoleh adalah 2,03 (cukup). Pada siklus II (pertemuan 1) diperoleh nilai rata-rata hasil observasi 2,49 dengan kategori ”baik”. Untuk pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata hasil observasi 2,63 dengan kategori ”baik”. Hasil observasi guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, dengan nilai 2,78 (baik) dan 3,05 (baik) pada siklus I pertemuan 1 dan 2 serta nilai 3,33 (sangat baik) dan 3,68 (sangat baik) pada siklus II pertemuan 1 dan 2. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Mind Mapping mengenai peredaran darah pada manusia berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi IPA lebih meningkatkan kualitas melalui penerapan pembelajaran metode Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nas m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Mind Mapping; Peredaran Darah Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7229 |